Tinggal Serumah Bareng Mertua? Ini Ketentuan Sharing Dapurnya!

     Bila Anda masihlah tinggal dengan orang-tua atau serumah dengan mertua, ruang dapur bisa disebut sebagai ruang yang paling padat dirumah. Terlebih bila ada kakak atau adik Anda yang juga tinggal berbarengan Anda.  Lantas lintasnya tentu ramai lantaran senantiasa ada yang repot memasak, makan, atau sebatas lewat untuk mencari makanan ringan. Supaya dapur tetaplah nyaman serta Anda juga tidak terasa pengap lantaran banyak penghuni yang memakai, buat ketentuan seperti ini.

  • Buat jadwal memasak

     Catat jadwal memasak di selembar kertas lantas tempel di dinding kulkas, seperti jam berapakah baiknya memasak, siapa yang bakal memasak, serta apa menu yang bakal disiapkan—sebaiknya menu sederhana saja.  Catatan ini dapat bermanfaat untuk mengingatkan Anda kalau masihlah ada stock makanan sebelumnya memasak kembali, hingga Anda dapat menghemat berbelanja makanan.

  • Singkirkan barang berwarna -barang putih

      Baiknya jauhkan tempat menyetrika serta membersihkan dari dapur untuk menghindar dapur jadi sangat sempit. Hal ini dapat menghindar aroma makanan atau bumbu melekat pada baju yang bakal disetrika.  Singkirkan juga semuanya benda memiliki bahan kain yang berwarna putih, supaya tak terkena noda sisa makanan.

  • Buat catatan penyimpanan

      Terkecuali catatan memasak, buat daftar barang yang ada di dapur serta dimana barang itu disimpan. Contoh, Anda mempunyai 10 buah piring makan serta semuanya disimpan didalam laci kitchen set teratas.  Hal semacam ini bermanfaat untuk menghindar beberapa barang itu tercecer, berantakan, serta hilang akibat tak dikembalikan ke penyimpanannya awal mulanya.

  • Mesti bersih

      Janganlah tersisa piring kotor di bak pencuci piring walau cuma satu buah. Jadi setiap saat usai makan, wajibkan tiap-tiap orang untuk segera membersihkan piringnya.  Pasalnya bila dilewatkan sebentar saja, cucian piring kotor Anda bakal menumpuk serta menyebabkan aroma tidak enak. Terlebih jumlah piring selesai makan besar tentu cukup banyak, jadi tambah baik dicicil, kan.

  • Ubah semua serbet

      Serbet yang dipakai semua penghubi tempat tinggal seperti serbet yang dipakai di warung makan, penuh bakteri serta kuman. Terlebih bila serbetnya sangat lama dipakai sampai condong lembap serta bisa menyebabkan munculnya jamur.  Mengelap meja dengan memakai serbet yang kotor pastinya sama juga perbanyak kuman serta bakteri diatas meja Anda. Jadi, sebisa-bisanya ubahlah serbet di dapur Anda tiap-tiap 2 hari.  Lantas, bedakan tiap-tiap manfaatnya, umpamanya serbet yang dipakai untuk mengelap piring mesti tidak sama dengan serbet yang digunakan untuk mengelap meja.

  • Cek kulkas

      Makin banyak yang tinggal didalam rumah bakal makin bermacam isi kulkas Anda. Terlebih ada kecenderungan satu diantara penghuni melupakan makanan yang disimpannya di kulkas.  Kerjakan sweeping kulkas satu minggu sekali untuk keluarkan makanan atau bahan makanan yang telah tidak layak gunakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s